KPU Menyerahkan Arsip Pemilu

Siti Farida, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menyerahkan arsip – arsip penyelenggaraan pemilu Kabupaten Klaten kepada plt. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, Sri Winoto sebagai upaya menyelamatkan fisik dan informasi arsip penyelenggaraan pemilu sebagai bukti pertanggungjawaban penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Klaten (Rabu, 19 April 2017).

Penyerahan arsip pemilu dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip diselenggarakan di Ruang Pameran Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, disaksikan oleh Sekretaris KPU, Thomas Sunarno,  Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, Kusdiyono, plt. Kepala Bidang Kearsipan, Damijan, dan Kepala Seksi Akuisisi dan Pengolahan Arsip, Purbadi.

Siti Farida mengatakan arsip – arsip yang diserahkan adalah arsip penyelenggaraan pemilu tahun 2004 sampai dengan 2015 sebanyak 24 berkas yang terdiri dari arsip pemilihan umum legislatif; pemilihan bupati dan wakil bupati; pemilihan gubernur dan wakil gubernur; presiden dan wakil presiden; dan pemilu dalam angka. Arsip – arsip diserahkan ke Dinas Arsip dan Perpustakaan untuk menyelamtakan informasi sejarah penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Klaten.

Sri Winoto mengatakan arsip – arsip dari KPU akan dikelola dengan baik untuk menambah khasanah arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten guna memenuhi kebutuhan informasi para pengguna arsip baik instansi pemerintah, mahasiswa maupun masyarakat umum. (*nn)