Menuju Tertib Kearsipan dan Pelayanan Perpustakaan Elektronik

 

Pada Hari Selasa, Tanggal 14 Februari 2017 di ruang pameran arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, dilaksanakan sosialisasi kegiatan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten yang dipimpin oleh plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Bapak H. Sri winoto, SH, dalam rangka mewujudkan tertib kearsipan di setiap Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Kabupaten Klaten dan Pelayanan Perpustakaan secara Elektronik.

Hadir dalam kegiatan itu perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah; Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olah Raga; Dinas Pendidikan; dan Bagian Humas Setda Kabupaten Klaten.

Acara itu mensosialisasikan Kegiatan Dinas Arsip dan Perpustakaan, bahwa untuk mewujudkan tertib kearsipan di setiap OPD Kabupaten Klaten, Dinas Arsip dan Perpustakaan mempunyai Kegiatan Pembinaan dan Pembenahan Arsip untuk OPD Kabupaten Klaten, dengan sistem pembinaan dan langsung memberikan contoh pembenahan (menata dengan sistem tertentu) semua arsip aktif milik OPD, agar nantinya setiap OPD bisa langsung melanjutkan terhadap arsip – arsip aktif yang akan tercipta / diterima kemudian dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pembenahan juga akan dilakukan terhadap sebagian arsip inaktifnya baik pembenahan fisik maupun pengolahan datanya sehingga arsip bisa dicari dengan mudah.

Bidang Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten mulai berbenah menuju pelayanan perpustakaan secara elektronik, dimulai dengan entry data buku dan membuat kartu anggota perpustakaan elektronik secara gratis.

Bagi OPD Kabupaten Klaten yang menginginkan pembinaan dan pembenahan kearsipan dan bagi warga masyarakat yang ingin membuat kartu anggota perpustakaaan secara elektronik supaya menghubungi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten.